Jumat, 16 Januari 2015

Cara Membuat Kartu ATM dan Tabungan di Semua Bank

 
Cara membuat kartu ATM  BCA Mandiri BRI BII CIMB Niaga Danamon BNI BRI Syariah dan Menabung di bank – Sudah banyak bikin artikel tentang tabungan beserta fiturnya, tapi kok ada yang janggal, karena kelewat pada hal dasar tentang cara membuat kartu ATM dan nabung di bank.

Baru sadar ternyata  pengunjung blog ini ternyata tidak hanya mereka yang ingin menambah rekening, tapi juga dari mereka yang baru masuk tahapan ingin menjadi nasabah, misalnya anak-anak sekolah, mahasiswa, atau mereka yang biasanya menyimpan uang di bawah bantal.  Lebih ideal lagi jika artikel ini saya sebut sebagai edukuasi perbankan untuk pemula.  Karena itu, bagi yang merasa sudah tingkat lanjut, silahkan tinggalkan postingan ini, dan baca artikel lain.

Jadi, gimana caranya membuat kartu ATM ?

Pada dasarnya, kartu ATM adalah fasilitas yang di berikan perbankan kepada nasabah pemilik rekening tabungan pada bank tersebut.

Tujuannya untuk memudahkah nasabah bertransaksi tanpa harus di Teller pada kantor cabang. Terserah bank apa, apakah bank BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, BII Maybank, Permata, Bank Mega, Danamon, Sinarmas, Syariah Mandiri, atau lainnya

Transaksi disini bisa bermacam-macam, bisa  menarik uang tunai, transfer ke rekening tabungan lain, memeriksa saldo, atau pembayaran ke berbagai merchant

Kepanjangan ATM dalam bahasa inggris adalah “Automatic Teller Machine”, sementara dalam bahasa indonesia adalah “Anjungan Tunai Mandiri”, jauh banget ya ? Gapapa, jangan di masalahin, itu sudah jadi kosa kata bahasa indonesia.

Pada awal kemunculannya di indonesia, nasabah yang mau bikin kartu ATM  masih harus nunggu antara satu minggu hingga dua minggu baru jadi, tapi sekarang sudah langsung hari itu juga, berbarengan dengan saat membuka rekening simpanan.

Perbedaan kecepatan pembuatan kartu ATM tersebut mungkin karena terjadi perubahan trend pada kartu itu sendiri. Pada awalnya kartu ATM  di buat dengan tulisan timbul pada nama dan nomor kartu di sertai dengan foto diri.  Kemudian berganti dengan tulisan tidak timbul dengan tetap menampilkan nama dengan pilihan foto ataupun tidak. Sekarang kecenderungan berubah lagi, kartu ATM instant tanpa nama dan tanpa foto. Jadi jika  hari ini minta di buatin ATM, maka customer service akan ngasih saat itu juga.

Begitu juga dengan biaya, sekarang banyak bank memberi gratis kartu ATM pada setiap nasabah yang membuka tabungan. Tidak ada biaya tambahan lagi pembuatan pertama, kecuali untuk penggantian kartu karena rusak atau hilang.

Kok jadi muter-muter nulisnya, bagaimana cara membuat  kartu ATM?

Sekali lagi, untuk membuat kartu ATM maka terlebih dahulu harus membuka rekening tabungan pada salah satu bank. Saldo tabungan inilah nantinya yang di gunakan sebagai sumber dana untuk transaksi dengan kartu  ATM di mesin-mesin yang bertebaran di banyak tempat.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan bagaimana caranya supaya  punya kartu ATM, maka akan saya pandu tata cara membuat tabungan di bank.

Berikut langkah-langkah membuat rekening tabungan dan Kartu ATM;


  • Siapkan kartu identitas diri sebagai persyaratan  administratif, dalam hal ini bisa KTP / SIM / kartu pelajar/ kartu mahasiswa. Pada bank tertentu seperti BCA  malah mewajibkan NPWP dan kartu kelurga. Jika ingin membuka tabungannya di kantor cabang kecil seperti di unit BRI, atau BPR, lebih baik karti identitas diri itu di foto copy untuk menghindari bolak-balik karena tidak tersedianya mesin foto copy pada bank tersebut.
  • Persiapkan uang tunai untuk setoran awal sedikitnya sesuai dengan ketentuan minimum masing-masing produk dari masing-masing bank.  Ketentuan setoran minimum ini telah saya tulis pada setiap artikel produk simpanan di situs ini. Silahkan baca ; Setoran awal tabungan BCA, Mandiri, CIMB Niaga , Setoran awal  danamon lebih, BII Maybank, Syariah Mandiri dll
  • Setelah persyaratan tadi  siap, silahkan datang ke bank yang di inginkan  pada kantor cabang terdekat sesuai dengan domisili.
  • Ambil atau minta sama pak  satpam nomor antrian untuk tujuan ke Customer Service ( CS)
  • Tunggu panggilan.
  • Ketika di panggil, jangan lupa perkenalkan diri dulu (lebih baik kan   dari pada nanti juga pasti di tanya nama) Lalu  sampaikan pada CS kalau ingin membuka rekening tabungan, kalo mau lengkap  bilang aja tabungan harian untuk perorangan. Tabungan harian adalah tabungan yang tidak terikat jangka waktu jumlah penyetoran dan waktu penarikannya. Karena disini kan niatnya mau bikin ATM.
  • CS Bank  akan menerangkan produk tabungan yang tersedia. Silahkan dengarkan dan beri kesempatan yang bersangkutan menjalankan prodesurnya sebagai Customer service officer.
  • Jika sudah, silahkan tanyakan jika ada yang kurang jelas, terutama soal fitur dan layanan. Kalau perlu tanyakan juga threshold saldo. Di nominal  saldo berapa terjadi titik impas, bunga bank dapat menutup biaya administrasi bulanan, supaya nantinya saldo pokok tabungan tidak terpotong oleh biaya admin itu.
  • Jika sudah jelas, silahkan pilih produk  mana yang ingin di buat, maka cs bank akan memberikan formulir aplikasi pembukaan rekening yang harus diisi. Syukur-syukur cs nya mau isi jadi kita tinggal tanda tangan saja.
"Formulir ini isinya tentang identitas diri kita, seperti nama, no telp, alamat rumah beserta sejak kapan tinggal di alamat tsb,  pekerjaan beserta masa kerjanya sejak kapan,  perkiraan pendapatan per tahun, nama ibu kandung.  Persiapkan juga  salah satu nama saudara dan alamatnya beserta no telp nya yang tidak tinggal satu rumah. Alamat asli loh ya, bukan alamat palsu.

 Pada formulir aplikasi ini juga bisa kita kasih tanda centang fitur yang di inginkan, misalnya ATM, internet banking, mobile banking dll"

  • Selanjutnya ikutin saja apa kata CS, pada tahapan ini mba CS akan mencetak buku tabungan, menyiapkan kartu ATM, dsb.   Tapi jangan lupa kalau mau mengaktifkan layanan SMS banking, internet banking, minta tolong mengaktifkan  Pin ATM bisa sekalian dilakukan sekarang supaya tidak bolak-balik.
  • Sudah selesai. Sekarang kamu sudah punya tabungan dengan kartu ATM.

Demikian cara membuat ATM Gratis  sesuai dengan prosedur resmi di semua bank, termasuk bank BCA BNI, BII, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Bank Permata, Danamon, BNI, BRI Syariah dll.

Dimana sebaiknya menabung, silahkan baca : Nabung yang bagus di bank mana?

Untuk selanjutnya, silahkan baca artikel di halaman situs ini mengenai produk simpanan yang rencana-nya akan di pilih, apakah tabunganku yang paling bagus di lengkapi dengan ATM dan gratis biaya admin,  atau tabungan tanpa biaya administrasi bulanan dengan setoran ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar